Selasa, 11 Desember 2012

Ekspansi Bisnis

1. Joint Venture
Joint venture adalah bentuk kerjasama antar beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat. Contoh perusahaan yang melakukan joint venture adalah:
  • Lombok Tourism Development Corporation (LTDC) yang merupakan joint venture antara PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) dan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) dari pihak Indonesia dengan Emaar Properties dari
    pihak Arab. LTDC bertempat di Indonesia
  • AutoAlliance International (joint venture antara Ford dengan Mazda)
  • Infineum (joint venture antara ExxonMobil dengan Shell)
  • Brewers Retail Inc. (joint venture antara Inbev, Molson Coors dengan Sapporo Breweries)
  • Bank DnB NORD (joint venture antara DnB NOR dengan NORD/LB)
  • Equilon (joint venture antara Texaco dengan Shell)
  • Strategic Alliance (joint venture antara Northwest Airlines dengan KLM Royal Dutch Airlines) 

2. Trust/ Marger
Merger adalah proses difusi dua perseroan dengan salah satu diantaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap dengan segala nama dan kekayaannya dimasukan dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut.

Contoh perusahaan yang melakukan Trust/Marger adalah:

  • Perusahaan perkebunan Sime Darby Bhd, Kumpulan Guthrie Bhd dan Golden Hope Plantation Bhd melakukan merger dan diambil alih oleh Synergy Drive Bhd.
  • Merger dilakukan antara Grup Wilmar International Ltd sebagai perusahaan dagang yang beroperasi di Singapura dengan Grup Kuok sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit. Perusahaan dalam Grup Wilmar yang dimerger adalah Wilmar Holding Pte Ltd (WHPL) dan Archer Daniels Midland Asia (ADM). Sedangkan perusahaan dalam Grup Kuok yang dimerger adalah PPB Oil Palm Berhard (PPBOP) PGEO Group Sdn Bhd dan Kuok Oils and Grains Pte Ltd. 
3. Holding Company/ Akuisisi
Holding company adalah suatu perusahaan yang bertujuan untuk memiliki saham dalam satu atau lebih perusahaan lain atau mengatur satu atau lebih perusahaan lain tersebut. Contoh perusahaan yang melakukan Holding company adalah:

  • PT Semen Gresik Tbk membentuk perusahaan induk (holding company) bagi Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa. Permodalan Semen Gresik masih yang paling kuat, sedangkan pertumbuhan kinerja Semen Padang dan Tonasa berada di peringkat terbawah sehingga PT Semen Gresik Tbk melakukan Holding company untuk meningkatkan kinerja perusahaannya
4. indikat
Sindikat merupakan kerjasama antara beberapa oranga untuk melaksanakan proyek khusus dibawah suatu perjanjian. Contoh perusahaan yang melakukan Sindikat adalah:
  • Di Amerika Serikat, WPIX studios di New York City melakukan sindikat dengan CNN dalam program berita yang dikemas dalam Headline News.
Referensi :
http://www.anakunhas.com/2011/05/pembentukan-holding-company.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar